Review Land Rover Discovery 2017
Friday, May 26, 2017
Add Comment
Perkenalan
Land Rover merupakan pabrikan asal Inggris yang dikenal akan
keahlian khususnya dalam menciptakan SUV mewah berdedikasi. Kendaraan di
jajaran Land Rover sangatlah berotot, bertenaga, serta dipenuhi berbagai aspek
kemewahan. Jika Anda mencari sesuatu yang berkolerasi dengan keanggunan Range
Rover dan serangan Defender, tentu pilihan paling tepat bagi Anda adalah
Discovery. Land Rover Discovery pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989
dengan kode-nama “Project Jay” dan sejak saat itu terus berkembang menjadi
monster SUV. Popularitas yang terus meningkat seiring dengan permintaannya di
Indonesia dan perusahaan terus berinovasi untuk memberikan tampilan baru dan
segar di tiap generasi. Tampilan keras dan tangguh dengan fitur atraktif serta
struktur rangka bodi yang bagus dari Discovery III, membuat Discovery IV baru
sukses membawa karisma juga performa dan efisiensi.
Mesin, Jarak Tempuh, dan Varian
SUV seutuhnya oleh Land Rover – Discovery ditawarkan dalam 4
varian yaitu – TDV6, S, SE, dan HSE bagi konsumen Indonesia. Kap besar kuat SUV
ini disenjatai oleh mesin diesel 3,0 liter dan bensin 3,0 liter. Dipasangkan
dengan transmisi otomatis 8-percepatan, mesin bensin dari Discovery mampu
membesut tenaga maksimum 340 PS pada 6500 rpm dengan torsi maksimum terhitung
450 Nm antara 3500 dan 5000 rpm. Sedangkan mesin diesel 3,0 liter
memperlihatkan efisiensinya dengan menghasilkan tenaga puncak hingga 256 PS
pada 4000 rpm dan torsi puncak 600 Nm pada 2000 rpm. Ketika dipacu dari nihil
dan mencapai kecepatan 100 kmpj, mesin bensin memerlukan waktu 8,1 detik dengan
kecepatan tertinggi 195 kmpj, dan mesin diesel melakukan hal yang sama dengan
kecepatan yang lebih rendah yaitu 180 kmpj. Turbo-charger berurutan dipasangkan
pada mesin dan membantu untuk meraih keseluruhan torsi 600 m pada 2000 rpm,
yang berguna saat manuver off-road. Dengan kecepatan tertinggi 180 km/jam,
tombol persneling yang terpasang pada stir kemudi mengijinkannya untuk mencapai
angka 100 km/jam dalam waktu 9,3 detik. Mesin diesel terlihat lebih efisien
bahan bakar dengan menyerap 8,8 liter/100 kms dengan perbandingan bensin yang
menyerap 12 liter/100 kms bahan bakar.
Eksterior
Berdasarkan tampilan Land Rover Discovery III, ukuran asli
SUV Land Rover baru mendapat beberapa mutasi bagian eksterior dari generasi
sebelumnya. Gril yang didesain ulang pada bagian depan memperbolehkan transit
cukup bagi udara ke arah mesin sehingga membuatnya lebih efisien. Lampu depan
Xenon adaptif menawarkan jarak penglihatan maksimum bahkan ke kegelapan
terdalam. Discovery tiba dengan versi kode warna dari lengkungan roda dengan
tutup kaca untuk tampilan dinamis. Dengan dimensi yaitu 4829 mm x 1915 mm x
1882 (P x L x T) dan jarak sumbu roda 2885 mm, SUV ini cocok untuk dijuluki
sebagai pemimpin di segmennya. Standar roda alloy 19-inci Discovery
mengakomodasi ban berukuran 255/55 R19.
Interior
Kabin Land Rover Discovery dihiasi dengan jok kulit Ebony
dengan finishing butir biji kenari lurus. Stir kemudi 4-jari-jari berlapis
kulit dilengkapi dengan beberapa kontrol audio dan cruise demi kenyamanan
pengendara. Kompresor tanpa kopling dengan pendingin udara menawarkan kontrol
dan saringan udara yang lebih baik bagi penumpangnya. Discovery dipenuhi dengan
Sound System 380 W Meridian Audio beserta kombinasi 11 pengeras suara yang
menghasilkan suara yang jernih dan halus di kabin. Sistem hiburan juga terdiri
dari sistem navigasi Premium Hard Disc Drive (HDD) dengan kontrol suara yang
memudahkan penumpang untuk melewati jalan-jalan baru. Kursi pengemudi dengan
8-cara pengendalian dilengkapi dengan fungsi memori yang dapat secara otomatis
disesuaikan untuk kenyamanan terbaik kursi. Bagasi standar 280 liter dapat
ditingkatkan hingga maksimum 2558 liter yang membuat penumpang dapat dengan
mudah membawa tas-tas besar tanpa kesulitan.
Keselamatan, Pengereman, dan lain-lain
SUV memiliki beberapa fitur keselamatan terbaik yang ingin
dimiliki oleh kendaraan apapun pada segmen ini. Monster raksasa ini dilengkapi
dengan Roll Stability Control (RSC) dengan Dynamic Stability Control (DSC)
untuk mencegah kendaraan berguling saat melewati jalan berlubang. Trailer
Stability Control (TSC) yang juga terdapat pada SUV ini dimanfaatkan untuk
mendeteksi pergerakan trailer dan segera memperbaiki masalah potensial dengan
mengaplikasikan pengereman yang sesuai. Total 8 kantung udara dipasang di
Discovery untuk menjaga penumpang aman di dalam kabin serta melindunginya dari
dampak fatal tabrakan. Sistem pengereman kendaraan Land Rover ini terdiri dari
rem cakram berventilasi serta Anti Lock Braking System (ABS) 4-chanel seluruh
medan. Sistem suspensi adaptif Land Rover Discovery menawarkan kestabilan dan
kenyamanan berkendara sepanjang perjalanan.
Kesimpulan
Ini merupakan sebuah SUV berdedikasi – Land Rover Discovery
memiliki kemampuan off-roading brilian yang tiada duanya beserta aspek-aspek
mewah dan pilihan mesin bensin dan diesel yang bertenaga. Dengan ruang luas
bagi penumpang, satu-satunya hal yang kurang adalah ruang bagasi standar.
0 Response to "Review Land Rover Discovery 2017"
Post a Comment